Apakah kita sedang kehilangan fokus?

Apakah kita sedang kehilangan fokus?

Fokus memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mengubah arah haluan perasaan kita. Bingung adalah akibat dari kehilangan fokus. Kita tidak akan pernah kehilangan fokus. Fokus kita hanya berpindah-pindah. Bingung adalah phase dimana proses perpindahan fokus tersebut sedang berlangsung. Kadang fokus kita pindah menjadi positive atau malah menjadi negative. Kalau sudah tidak punya fokus itu artinya kita sudah gila.

Kemudian bingung inilah yang akan membuat kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Pada titik inilah kita harus waspada, itulah sebabnya jika lingkungan kita tidak baik maka kita pun menjadi tidak baik. Tapi jika kita memiliki fokus yang positive, apapun situasi diluar diri kita, baik itu lingkungan, keluarga, teman siapapun itu, tidak akan bisa menggoyahkan perasaan kita atau bahkan hari-hari kita.

Karena sebagian dari kita lahir dari keluarga miskin dan sebagian lainnya lahir dari keluarga yang kaya. Sebagian lagi lahir dari keluarga yang normal dan sebagian lagi lahir di keluarga yang berantakan. Sebagian memiliki orang tua dan sebagian lagi yatim piatu. Sebagian lagi lahir dengan keadaan normal dan sebagian lagi cacat.

Sering kali kita menilai orang lain seperti kita menilai diri kita sendiri. Contohnya saja, ketika teman kita mendapat nilai rendah di sekolah. Kita akan bilang kalau teman kita itu malas dan kalaupun rajin tapi bodoh. Padahal kita tidak tahu apa yang menyebabkan nilainya rendah. Mungkin saja memang otaknya lemah secara biologi tapi saat bernyanyi, suaranyalah yang paling merdu. Atau bisa jadi karena dia tidak punya waktu untuk belajar dan harus membantu orang tuanya sepulang sekolah.

Padahal apalah gunanya menilai orang lain kalau kita bahkan lupa menilai diri kita sendiri. Ada banyak hal dalam hidup kita yang bisa kita tingkatkan. Mungkin saja kesehatan kita, mungkin saja perkerjaan kita, atau perasaan kita. Jika kita bisa fokus pada hal-hal yang positive bagi diri kita sendiri maka pilihan kita saat ini sangatlah tepat.

Ingatlah bahwa fokus yang positive akan menguntungkan diri kita sendiri, terkadang memang susah untuk dijalankan. Namun percayalah, hasil dari fokus yang positive akan membawa kita ke kehidupan yang lebih baik dari diri kita yang sebelumnya.

Bagi kita yang selama ini memiliki fokus yang negative itu artinya kita memang sudah berulang-ulang kali melakukan hal tersebut dan merubah fokus akan lebih sulit. Keuntungannya adalah ketika fokus kita adalah fokus yang positive dan kita melakukannya berulang-ulang. Fokus tersebut akan menjadi kebiasaan dan akan ada peningkatan dalam hidup kita.

Fokus sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Fokus akan membantu kita untuk menjalani hidup kita dengan lebih semangat dan terarah. Fokus membuat hati kita terus semangat dan percaya diri. Lalu apa yang menjadi poin utama dari memiliki fokus?

Poinnya adalah kita harus sadar bahwa fokus butuh latihan, butuh di ulang-ulang. Apapun fokus kita baik itu negative atau positive, jika kita tidak melatih pikiran kita untuk fokus pada hal-hal kecil maka kita akan dengan mudah terjebak dengan alasan yang aneh-aneh untuk keluar dari fokus kita tersebut.

Sama dengan sikap menghargai. Kita akan lebih mudah menghargai hal-hal besar jika hal-hal kecil juga kita bisa hargai. Kalau tidak, dikasih uang satu juta pun kita masih saja sedih.

Begitu pula fokus, dimulai dari apa yang akan kita kerjakan hari ini. Misalnya saja hari ini akan pergi ke pasar jam 10 pagi. Karena satu dua hal, kita lupa dan pergi jam satu siang, sedangkan makan siang jam dua. Kita menjadi serba terburu-buru.

Belajar untuk fokus dalam kehidupan sehari-hari kita sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan menulis kegiatan apa saja yang akan kita kerjakan hari ini dari bangun pagi sampai kita tidur lagi. Usahakanlah untuk dapat melakukan semua kegiatan kita sesuai dengan jadwal yang kita buat sendiri. Percayalah, jika kita berhasil, kita akan sangat merasa senang atas diri kita sendiri.

Ada fokus untuk kehidupan sehari-hari, ada pula fokus untuk kehidupan kita yang sebenarnya. Fokus untuk mencapai impian kita. Fokus untuk menjaga kesehatan. Fokus untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Fokus pada pekerjaan atau bisnis kita saat ini. Itu semua adalah fokus yang positive. Kemudian ada pula fokus yang negative. Fokus sehabis makan akan merokok, fokus untuk menonton tv seharian dan besoknya begitu juga.

Kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang baik dan apa yang kurang baik untuk kita. Hanya saja kita juga tahu apa yang menghibur dan apa yang kurang membuat kita kurang tertarik dalam melakukannya. Contohnya saja makan. Kita tahu makanan apa yang sehat secara umum dan makanan yang kurang sehat. Sayur adalah makanan yang sehat, sedangkan mie, roti, permen, biskuit sudah tidak baik jika dimakan setiap hari. Tapi kenyataan apa? Kita bisa saja seminggu tidak makan sayur dan menggantinya dengan mie isntan.

Mungkin hasilnya tidak kelihatan sekarang namun saat akibatnya terjadi, waktu itu sudah terlambat karena sebagian dari kita akan berhenti fokus makan mie jika sudah sakit. Fokus tidak merokok jika paru-paru kita sudah bolong, fokus berhenti menggunakan narkoba jika badan kita sudah tidak berfungsi lagi. Semua ini terjadi karena kita tidak pernah melatih fokus hidup untuk melakukan hal-hal yang positive sadari dini, dan dimulai dari hal-hal yang kecil.

Salah satu hal kecil yang bisa kita fokuskan hari ini adalah bersyukur. Masukkanlah dalam salah satu bagian dari kegiatan kita hari ini. Kemudian fokus untuk menghargai sesuatu hari ini. Contohnya saja diri kita sendiri dengan cara meminum air. Tubuh kita butuh air, hargailah tubuh kita dan minumlah air. Kemudian fokus untuk tersenyum paling tidak pada diri sendiri.

Lama-kelamaan semua itu akan menjadi kebiasaan. Kemudian kita mulai fokus pada sekolah kita, untuk belajar dirumah paling tidak satu jam dimalam hari. Kemudian fokus untuk selalu tepat waktu ke sekolah. Bagi yang memiliki impian, kita bisa fokus untuk melakukan kegiatan apa saja yang bisa mendekatkan kita dengan impian kita tersebut. Baik itu perkerjaan impian, nilai impian, tempat wisata impian, apapun yang positive.

Semakin lama semakin mudah bagi kita untuk fokus pada hal-hal yang besar. Jika kita kita tiba-tiba dibebani dengan fokus yang besar, seperti ingin diterima di universitas terfavorit tapi tanpa kita pernah fokus pada hal-hal kecil sebagai persiapan. Maka impian itu seperti tidak mungkin akan bisa kita capai. Karena otak kita tidak sanggup dan sulit untuk membayangkannya. Namun jika kita tahu bahwa kita ingin kesana dan mempersiapkan diri untuk bisa diterima di universitas tersebut. Pasti kita merasa hal tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Atau jika impian kita ingin menjadi pengusaha, jika kita tidak pernah fokus pada hal-hal kecil untuk menjadi pengusaha maka impian menjadi pengusaha besar sangatlah jauh dari bayangan kita. Pahamilah, untuk memulai sesuatu itu semuanya dimulai dari hal terkecil, tinggal seberapa cepat kita dapat mencapainya yang menentukan kesuksesan kita.

Tanyakanlah ini pada diri sendiri. Apa kita sudah mengerjakan fokus kita hari ini?

Terkadang kita suka atau sangat suka sekali menanyakan hidup kita pada orang lain terutama orang terdekat kita. Padahal jawabannya ada pada diri sendiri. Contohnya saja, kapan saya lulus? yang jelas kalau kita tidak belajar…tidak akan lulus. Tapi kalau kita tanya pada orang lain maka jawabannya kita harus lulus.

Atau kapan saya bekerja? Kalau kita tidak berniat dan melamar perkerjaan maka kita tidak akan pernah bekerja. Tapi kalau kita tanyakan pada orang lain jawabannya malah bukan mengenai pekerjaan tapi apa gunanya sekolah selama ini. Apa gunanya ijasah kita? Jawaban-jawaban yang justru memperburuk keadaan kita.

Padahal sebenarnya kita tahu bahwa kita hanya perlu mempersiapkan diri dan mencoba. Fokuslah pada hal tersebut. Jika fokus kita baik maka hal baiklah yang akan menghampiri kita. Percayalah keadaan pasti berubah dan jika kita mau berusaha hari ini juga maka hari ini pun akan menjadi hari yang berarti bagi kita.

Sebelum kita fokus pada hal positive yang besar dalam hidup kita…marilah fokus pada hal positive kecil yang bisa kita latih hari ini….walaupun kecil, kita akan lebih kosisten dan hal itu akan tetap dapat membuat kita lebih semangat hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *