Percayalah, Segala sesuatunya pasti bisa kita hadapi

Percayalah, Segala sesuatunya pasti bisa kita hadapi

Mungkin kata-kata ini agak sulit untuk diterima jika saat ini kondisi kita sangat memprihatinkan. Mungkin pula kalimat ini tidak tepat untuk dijadikan sebuah kalimat motivasi. Percayalah, ini bukan motivasi juga bukan kata-kata kasihan. Tapi ini adalah energy yang harus dan harus kita kuasai setiap hari bahwa kita pasti bisa menghadapi segala sesuatunya.

Dari berbagai kekecewaan, kepedihan, perasaan bersalah, dari berbagai perasaan tidak terima, sedih, marah, dari berbagai macam perasaan terkucilkan, tersingkirkan, dari berbagai rasa cemburu, rasa benci, rasa kehilangan…Semua perasaan itu bisa membunuh mental kita jika kita tidak mampu menghadapinya.

Inilah sebuah kenyataan hidup, bahwa di dunia ini kita tidak akan selalu bahagia setiap hari namun juga kita tidak akan selalu sedih setiap hari. Ketika kita bahagia, segala terlihat mudah namun saat kita sedih, segala sesuatunya menjadi sulit dan mustahil. Bahkan walaupun kita berusaha untuk fokus pada hal-hal positive, semua itu seperti tidak berguna dan tidak mungkin.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Akan sangat mudah untuk memilih untuk diam dalam kesedihan, akan sangat mudah untuk memilih untuk marah dan meluapkan segala kekecewaan, akan sangat mudah untuk menangisi keadaan, Akan sangat mudah untuk menyerah, akan sangat mudah untuk melakukan hal-hal yang kita tahu itu adalah sifat negative. Karena kita tidak sanggup untuk menerima kenyataan, Hati, pikiran dan tubuh kita tidak sanggup untuk menerima kenyataan tersebut.

Tapi apakah benar tidak ada pilihan lain? Dimanakah obat dari segala kekecewaan itu? Bagaimana kita harus bangkit? Apakah harus berhenti? Apakah harus menyerah? Apakah kembali ke kebiasaan lama menjadi cara termudah untuk lepas dari kesulitan ini? Apakah tidak ada jalan keluar? Apakah ada yang kita takuti? Takut akan kemampuan diri sendiri? Takut akan melukai orang yang kita sayangi? Atau takut akan hal-hal yang sebenarnya diluar kemampuan kita?

Semua pertanyaan itu tidak akan mengarahkan kita pada apa yang membuat kita menjadi pribadi yang kuat, semua pertanyaan itu hanya akan menjadi topeng dan ilusi dari solusi yang tepat bagi kita. Karena semua pertanyaan itu hanya mengarah pada kemudahan hidup yang semu.

Hanya ada satu jawaban yang membuat perbedaan dalam hidup kita. Yaitu Percayalah, Kita pasti bisa menghadapi segala sesuatunya. Cukupkanlah kalimat ini di dalam pikiran kita. Karena jika tidak, kita akan ragu dan terjebak pada kesedihan dan ketidak mampuan menghadapi masa depan.

Saat kita memilih untuk Percaya bahwa kita bisa menghadapi segala sesuatunya, akan ada energy yang berusaha untuk keluar dari tubuh kita, yaitu energy untuk percaya. Namun ada pula energy yang berusaha menghadang, itu adalah energy negative akibat dari kebiasaan kita selama ini, kebiasaan kita yang selalu bergantung kepada orang lain, kebiasaan kita akan rasa takut ini dan itu, kebiasaan kita pada aktivitas negative seperti merokok, menggunakan obat, minum-minuman keras, kebiasaan kita pada pergaulan yang tidak baik, kebiasaan kita selalu berpikiran negative.

Ini tidak mudah, memang tidak mudah, percaya pada diri sendiri ketika kita dalam kesulitan tidaklah mudah. Namun kita harus, kita harus percaya, kita harus percaya apapun itu, apapun yang terjadi dan akan terjadi, kita harus percaya kita mampu menghadapinya. Setiap hari, kita harus melatih sikap ini karena tidak mudah, kita harus mengerti tidak ada yang mudah di awal latihan namun segala sesuatunya jika terus diulang dan di ulang, kita kan menjadi ahli. Segala sesuatunya yang kita kira sulit akan menjadi mudah.

Semua ada didalam pikiran kita, Apakah hari ini kita memilih untuk percaya bahwa kita bisa, kita mampu menghadapi segala sesuatunya? Ataukah kita memilih untuk menyerah? Apakah kita memilih untuk tertelan energy negative yang timbul dari diri kita lalu menguasai kita atau kita memilih untuk keluar dari kenegativan dan kita menjadi lebih kuat untuk hal-hal yang positive?

Semua itu mustahil untuk bisa kita lalukan jika kita tidak pernah melatih diri untuk percaya bahwa kita mampu menghadapi segala hal. Semua itu tampak tidak mungkin, semua itu tampak sulit, kulit dan tulang-tulang kita seakan tidak terima jika kita tidak pernah melatih diri untuk percaya bahwa kita punya kekuatan untuk mampu menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup kita.

Tapi…Percayalah, bangunlah kepercayaan ini setiap hari…Setiap hari…Setiap saat…Jika ketika hal sulit terjadi dalam hidup kita, kita mampu menghadapinya, kita mampu untuk bangkit, kita mampu melihat jalan keluar, kita mampu menghargai diri sendiri untuk terus melanjutkan hidup yang masih tersisa yang Tuhan berikan kepada kita. Kita menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih mampu dan pada akhirnya, segala sesuatunya akan terasa menjadi mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *